Translate

Sunday, November 11, 2012

Tingkatkan Kualitas Tidur


Setiap manusia mempunyai jam biologisnya sendiri. Jam biologis ini yang mempengaruhi jam tidur. Memasuki usia remaja, jam biologis bergeser jadi lebih lambat. Efeknya kita bisa begadang dan tidur lebih larut malam dibandingan dengan waktu anak-anak. Kemudian para remaja menjadi susah bangun pagi. Peneliti menunjukkan jam biologis manusia dipengaruhi sistem hormon. Pada masa remaja, otak memproduksi hormon melatonin dari jam 11 malam sampai dengan jam 8 pagi. Hormon melatonin adalah hormon yang membuat manusia mengantuk.
Pergeseran jam biologis ini membuat kita mengantuk di pagi hari. Cara menyiasati mengantuk di pagi hari adalah dengan tidur lebih awal. Remaja disarankan tidur cukup selama 7-9 jam per hari. Karena terbiasa tidur larut malam, ketika jam tidur normal kita sering merasa belum mengantuk. Ada cara untuk menimbulkan rasa mengantuk tersebut. Ini dia:
  • Matikan lampu kamar. Karena hormon melatonin di produksi saat keadaan gelap, maka untuk bisa mengantuk kamu harus mematikan lampu
  • Minum susu hangat.  Seperti yang diketahui susu mengandung triptofan yaitu asam amino yang membantu kita rileks. Sehingga meminum susu sebelum tidur dapat membuat kita cepat terlelap
  • Matikan alat elektronik seperti TV, radio, handphone, dll. Cara ini untuk mengistirahatkan otak ketika fisik kita tertidur.
  • Olahraga di pagi atau siang hari. Ada studi yang menunjukkan bahwa orang yang aktif berolahraga dapat lebih mudah tidur di malam hari dibandingkan yang tidak.
  • Tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan. Membuat rileks dan akhirnya membuat kita tidur.
Susu cair segar yang selama ini kita konsumsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, gigi dan lain-lain milk lovers, tetapi juga dapat membantu kita memiliki tidur berkualitas.

dicopy dari http://www.mymilk.com/article/135-tingkatkan-kualitas-tidurmu.html

No comments:

Post a Comment