Translate

Tuesday, September 12, 2017

Review Infinix Note 4 - Seperti Kaleng Biskuit Berisi Rengginang

Kali ini kita akan bahas generasi ke 4 dari seri note nya infinix. Ada satu hal yang tidak pernah berubah dari seri note ini. Mulai dari seri pertama sampe seri terakhir yangakan kita bahas sekarang, yaitu prosesornya. Peningkatan prosesor hanya terjadi di generasi kedua, dimana terjadi peningkatan dari mediatek MT6592 ke mediatek MT6753 yang notabenenya sudah berbasis 64 bit. Sejak saat itu sampai detik ini, Infinix seperti malas melakukan perbaikan. Jadi masi betah pakai the Mighty, Legendary Mediatek MT 6753. Dan.... jujur ya saya tu bingung, sejak seri dua sampe sekarang, seri note dari Infinix memberi User Experience yang .... nyaris sama ya, kayak ngga ada perubahan gitu. Perbedaanya terasa sangat minor. Paling ya ram sama internal storage aja serta baterenya yang naik dikit. Jadi untuk review kali ini, saya tidak akan membahas secara detail mengenai hape ini. Melainkan kepada apa aj sih yang baru dari Infinix Note 4.

Perubahan pertama yang terjadi adalah Desain. Saya melihat desain-desain dari hape-hape Infinix memang semakin ke sini semakin baik dan selalu positif, itu juga yang terjadi di Note 4 ini, karna garis desainnya benar-benar berbeda Sob. Mulai dari pemilihan bahan yang kembali ke plastik dan layarnya yang semakin baik. Infinix Note 4 punya desain bagian belakang yang sekilas mirip beberapa hape-hape flagship seperti Xiaomi Mi6 dan Honor 8. Perbedaanya adalah letak kamera yang kata sebagaian orang justru lebih mirip sama Xiaomi Redmi 1s. Tapi entah kenapa saya setuju sih.. hehe.. emang mirip. Mirip bukan berarti jadi alasan buat bilangin desainnya jelek ya. Karna menurut saya, desain Note 4 ini justru yang paling cantik dibandingkan seri-seri sebelumnya. Desain bagian belakang lebih melengkung dan ngasih grip yang lebih baik. desain metal print-nya juga ngga ngasih kesan murahan. Katanya sih keliatan kayak metal y, walaupun saya pribadi lebih prefer mirip sama kaca daripada metal.

Perubahan yang paling kerasa di sektor desain adalah peletakan posisi sensor fingerprint yang tadinya di belakang pindah ke bagian depan. Perubahan ini bikin Infinix Note 4 sekilas mirip One Plus 5. Sekilas ya.. sekilas. Desain bagian depannya juga cantik Sob, hal ini ngga lepas dari peran kaca Corning Gorrila Glass yang punya ukuran 5,7 inch dan beresolusi Full HD dan sedikit melengkung berkat teknologi 2,5 D Glass. Ukuran layarnya menyusut dibandingkan Note 3 yang berukuran 6 inch. Jadi layar menyusut bikin hape ini lebih ramah digunakan satu tangan.

Layar di Note 4 ini pake layar buatan Sharp yang menurut saya memang kelihatan lebih jernih dan lebih tajam, serta tingkat kehitaman warnanya lebih pekat. Layar ini juga punya tingkat kecerahan hingga 500 nits. Dimana dengan kecerahan segini, masih terasa nyaman saat dipake di bawah terik matahari. Ditambah lagi layarnya yang punya lapisan oleophobic coating yang bikin dia ngga ramah sama sidik jadi dan ngasih feel mulus waktu dielus.
Performa hape ini sih lumayan ya. Terlepas dari semua spesifikasi yang ditawarkan, menggunakan hape ini kerasa nyenengin buat saya. Multi-tasking nya kerasa lancar berkat RAM 3 GB nya. Nyimpen banyak foto dan video juga aman, karna storage internalnya lumayan lega yaitu 32 GB, plus ada slot micro SD nya. Untuk maen game sih lumayan oke. Game-game kasual seperti Mobile Legend dan Arena of Valor sih.. masih enak kok. Paling kalo diajak maen game yang berat banget, baru kerasa agak dut-dut-an. Karna bagian belakangya bukan metal dan kaca jadi maen game agak lama masih kerasa nyaman karna ngga muncul panas yang berlebihan.

Selain itu beberapa poin di hape ini kerasa sama seperti varian sebelumnya. Mulai dari performa fingerprint, kelengkapan sensor sampai daya tahan batrai. Oh iya, hampir aja lupa. Saya mau kasih tau satu hal soal fingerprint nya ini. Untuk Unlock kamu harus hidupin layar dulu. Karna kalo layarnya mati, ngga bisa langsung di Unlock. Jadi kerasa 2 kali sih..
Memang sih secara angka, kapasitas di hape ini lebih besar dibandingkan seri sebelumnya, yaitu 4300 mAh. Tapi nyatanya daya tahan batrai nya ngga terlalu berbeda menurut saya. Waktu dipake penggunaan normal ala saya itu, bisa dapet sekitar 9 jam screen on time lah, 8 atau 9 jam, ya.. itu lumayan sih menurut saya. Masih termasuk kategori awet ya. Ditambah lagi adanya Fast Charging X Charge. Batrai nya awet, nge cas nya ngebut, bener-bener bikin kita jadi #LUPACHARGER.

Nah sekarang kita bahas kameranya Sob. Apakah kualitas kameranya juga masih sama seperti versi sebelumnya? Hmm... ayo kita lihat. Spesifikasi di atas kertas tertulis kalo kamera belakangnya punya resolusi 13 MP dibelakang dan 8 MP di bagian depan. Dan keduanya punya aperture f/2.0. Kita ngga usah bahas soal fiturlah ya, karna udah emang gitu-gitu aja dan ngga ada perubahan yang signifikan. Ngga ada yang menariklah pokoknya. Kualitas foto dari kamera belakang Note 4 menurut saya cukup baik. Dalam kondisi kurang cahaya, kamera cukup baik menangkap detail dan warna sebuah objek. Perhatiin deh, saat menangkap foto objek yang memiliki warna yang banyak dan detail yang rumit, Infinix Note 4 cukup baik dalam menangkap kedua hal tersebut. Secara overall kamera utama di hape ini sangat bisa diandalkan dalam kondisi terang ya. Kalo dalam kondisi kurang cahaya yaa... kayaknya hampir sama kayak hape-hape lain lah. Noise nya rameee.....


Sedangkan untuk hasil selfie nya juga.. oke loh Sob. Yaa walaupun ngga wide ya tapi udah lumayan cukup oke dan memuaskan untuk selfie. Apalagi kalo foto selfie nya hanya berakhir di media sosial. Detil yang ditangkap dari kamera beresolusi 8 MP ini cukup oke menurut saya. Dan asiknya lagi kita masih tetap dapat selfie di tempat yang agak gelap berkat softlight LED nya. Nah terakir saya akan kasih tau spesifikasi hape ini. Saya sengaja ngasih tau spesifikasi dibelakang supaya Sobat tau, kalo ada yang lebih penting daripada sekedar spesifikasi, yaitu User Experience. Tapi sayangnya ngga banyak yang berpendat seperti ini. Padahal saya masih pake hape dengan prosesor dual-core dan RAM cuma 2 GB loh tapi User Experience nya masih sangat enak. Jadi menurut saya yang terpenting adalah User Experience.

Kesimpulannya, kalo kamu ngga bermasalah dengan spesifikasi dan memang membutuhkan hape yang bisa memenuhi kebutuhan Sobat buat sehari-hari, Saya akan merekomendasikan hape ini. Secara 2 juta dapet batre yang besar plus fast Charging plus layar yang kinclong. Dimana kalian bisa dapetin semua itu. Terutama buat kamu yang punya tingkat mobilitas yang sangat tinggi, durabilitas batre di hape ini akan jadi solusi yang tepat buat Sobat. Batre besar plus fast charging. Hmm.. ada yang lebih baik?

Tapi soal bagus ato enggak nya hape ini, kembalikan ke Sobat 

No comments:

Post a Comment