Translate

Wednesday, September 6, 2017

Review Samsung J5 Pro Indonesia

Halo gais, david disini, dan ini adalah samsung galaxy j5 pro, seharunya hape ini adalah versi yang lebih bagus dari galaxy j5 prime, karna harganya udah beda sejuta. J5 prime harganya 2,5 juta dan j5 pro harganya 3,5 juta. Dari namanya juga, harusnya j5 pro bakal ngasi performa yang lebih... ehmm... pro. Mungkin tahun depan bakal ada seri j5 Expert dengan harga 4,5 juta, trus j5 Master dengan harga 5,5 juta dan j5 legend dengan harga 6,5 juta. Ya pokoknya suka-suka merekalah ngasi nama, semoga kita ngga dibuat bingung aj apa bedanya.

Selain desain, j5 pro ini ngga dibuat beda jauh sama seri-seri j5 sebelumnya. Bagian depannya keliatan Samsung banget. Bahkan ada temen saya yang ngira kalo saya lagi pake Galaxy A5 2017. Atau ada juga yang malah ngirain saya lagi pake Galaxy s7 flat. Didepan atasnya kita bakal nemuin logo Samsung, trus ada kamera 13 MP, ada LED flash sama ear piece. Hape ini ngga ada LED notifikasi. Dibagian bawahnya kita bakal nemuin tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Ada juga tombol back dan recent apps.
Kecepatan sensor sidik jarinya udah lumayan cepet tapi akurasinya kurang bagus. Jadi ya.. kadang-kadang jari kita harus disentuhin beberapa kali baru bisa kebaca. Disebelah kanan kita bakal nemuin lubang speaker dan tombol power. Di sebelah kiri kita bakal nemuin tombol volume, slot kartu nano sim dan slot kartu nano sim lagi plus kartu micro sd. Di bagian atas, ngga ada lubang apa-apa, cuman ada garis antena yang warnanya lumayan nyaru sama warna bodinya. Trus di bagian bawah ada lubang mikrofon, port micro USB dan jack audio 3.5 mm.

Sementara di bagian belakang kita bakal nemuin desain garis antena yang entah kenapa selalu ngingetin saya sama film tron. Padahal garis antena ini ngga ada lampu-lampunya. Dibagian bawah antena itu kita bakal nemuin kamera 13 MP, dibawahnya lagi ada lampu LED flash plus logo samsung. Desain dari j5 pro ini bisa dibilang gitu-gitu aja sih. Ngga ada bagian yang bikin dia jadi lebih spesial dari J lain. Yaa.... mungkin garis antena nya lumayan beda, tapi selain itu ya gitu-gitu doang. Kalo mau ngomongin sisi positifnya sih semakin lama, desain dari seri J ini bisa dibilang makin Berkarakter! Karna sekali liat juga udah ketauan ini adalah hape Samsung. Mereka mungkin ngga mau keliatan niru desain hape-hape lain. Tapi kalo mau ngomongin sisi negatifnya, desain kayak gini bisa dibilang Boring! Alias mbosenin. Karna ya desainnya cuma gitu-gitu doang. Untungnya ada satu hal yang bisa Samsung deliver secara konsisten ditiap hape mereka dan saya harap ngga bakal ada banyak perubahan. Yaitu built quality nya yang oke banget. Ketika memegang hape ini, bodi metalnya akan terasa solid, dan kerasa kalo yang bikin hape ini memang udah berpengalaman banget.
Lanjut ke bagian display, Galaxy j5 Pro menggunakan layar seluas 5,2 inchi yang menggunakan panel super AMOLED yang punya ciri khas warna yang super kontras. Kalo warna merah ya keliatan lebih merah dari layar yang bukan Amoled dan kalo lagi nampilin warna item juga layarnya bakal keliatan gelep banget. Pokoknya no complaint sama layar Amoled. Cuma, kalo ngeliat resolusi layarnya yang Cuma 720p, kok rasanya tanggung banget ya. Kenapa ngga sekalian full HD aja. Kan harganya udah 3 juta lebih. Yaa.. memang sih resolusi 720p ngga bisa dibilangin kurang di layar 5,2 inchi, tapi kalo bisa kan sekalian full HD aja. Atau jangan-jangan ini cuma trik Samsung aj biar kita beli J7 Pro. Soalnya dengan nambah 500 ribu, kita bakal dapetin layar yang lebih tajem 1080p. Trus kita juga bakal dapet fitur Always On Display, yang ngga ada di J5 Pro. Hmm...

Sekarang ktia bahas spesifikasi dari J5 Pro. Hape ini menggunakan prosesor Exynos 7870 dengan GPU Mali T830MP2, RAM-nya 3 GB, memori internal 32 GB, kamera belakangnya 13 MP, kamera depannya juga sama 13 MP, batrai 3.000 mAh dan sistem operasinya Android Marshmallow. Secara performa hape ini bisa menjalani semua kebutuhan sehari-hari saya dengan lancar jaya. Karna penggunaan saya memang termasuk ringan. Contohnya ngebaca artikel di situs berita, trus ada main twitter juga, instagram, nonton youtube, main duolingo kalo bisa dibilang main, dan ngeliat berbagai meme di situs-situs yang nyediain kayak 9gag dan lainnya. Waktu saya uji dengan main game yang agak berat kayak Asphalt X3, kadang-kadang bakal terjadi beberapa frame drop, walaupun ngga sampai bikin pengelaman bermain jadi nyebelin sih, kalo dipake buat main game yang agak enteng kayak Super Mario Run sih lancar-lancar aja. Suhu bodinya juga bisa terjaga dengan baik, waktu saya bermain game dengan waktu yang lumayan lama. Pas sudah main sekitar setengah jam, hape ini cuma kerasa agak anget aja. Jadi walaupun skor antutu hape ini masih masuk ke kategori rendah, performanya udah lumayan oke

Ngomong-ngomong soal oke, daya tahan batre di J5 Pro, masuk ke kategori yang oke juga. Karna saya belum pernah kehabisan batre dalam jangka waktu satu hari, biasanya sih waktu saya pake seharian masi sisa 20 atau 30 %, biasanya kalo dipaksain baru habis waktu besok siangnya. Kelengkapan sensornya juga udah termasuk oke, udah punya Gyroscope buat Anda yang hobi nonton video 360.
Ketika pertama kali make hape ini, tampilan antarmuka yang ada di dalemnya langsung bikin saya ingat sama Samsung Galaxy S8. Mulai dari ikonnya yang berbentuk kotak yang agak ngebulet. Desain ikon bawaan yang berbentuk garis, sampai ke sistem draw nya yang ngga ngasi app drawer, karna kita cukup nge swipe jari ke atas buat buka daftar aplikasi yang ada didalem hape kita. Tapi kalo udah kebiasa sama app drawer dan Anda tetep mau pake tombol itu, kita bisa milih tetep ditampilin kok di menu option. Cuma emang karna dari sananya udah beda kelas, yaa.. cuma itu aj persamaan j5 Pro sama S8. Disamain aj udah lumayan bagus.
Untuk hasil pemotretan di luar ruangan, hasil nya agak cendurung kusam, tapi detail dan Dynamic Range nya udah lumayan oke kok. Kualitas poto nya udah sesuai sih sama level harganya, dan saya ngga ada komplain apa-apa. Kalo dipake buat poto kondisi low light, warnanya bakal jadi sedikit lebih cerah, tapi potensi nge blur nya jadi lebih tinggi, ya jadi harus agak hati-hati waktu ngambil poto nya. Sementara untuk kamera depan, saya ngga ngerasain beda yang kentara dibanding kamera depan hape-hape selfie kayak oppo atau vivo.



Kesimpulannya apakah Samsung Galaxy J5 Pro recomended? Buat saya sih kurang recomended ya. Bukan karna hape ini jelek kok. Saya sendiri lumayan enjoy waktu pake hape ini sebagai daily driver. Saya kurang rekomendasiin hape ini karna masi ada pilian lain yang lebih menarik kalo syarat Anda lumayan fleksibel. Kita ngga usah ngomongin merek lain dulu deh, kita bandingin aj sama hape Samsung yang lain, contohnya adalah J5 prime. Hape itu adalah versi yang harganya lebih murah sejuta dan kualitasnya ngga jau beda sama J5 pro, atau ada juga A3 2017, yang udah tahan air dan perbedaan yang paling kentara adalah ukuran layarnya yang lebih kecil. Trus ada lagi J7 Pro, J7 Prime, A5 2017 dan belum lagi kalo kita bandingin sama merek lain. Pokoknya banyak deh alternatifnya. Tapi kalo Anda tetap minat buat beli J5 Pro, itu bukan keputusan yang jelek kok. Siapa tau Anda lagi punya budget 3,5 juta dan pengen hape Samsung dengan layar super Amoled berukuran 5,2 inchi. Hape ini memang pas banget buat itu 

No comments:

Post a Comment